8 September 2013

Apa itu Arpeggio?



Arpeggio adalah nada-nada akord (chord) yang dimainkan satu persatu. jadi, misalkan kita memegang kunci D, lalu nada-nadanya dimainkan satu persatu. Denagn catatan nadanya harus berbunyi satu persatu atau nadanya tidak boleh berbunyi dlm waktu yg sama. Karena kalau dua nada berbunyi bersamaan, maka yang kamu mainkan adalah chord, bukan arpeggio.

Dapat disimpulkan bahwa chord dan arpeggio itu berbeda, tetapi ada kesamaan. Chord nadanya dimainkan dalam waktu yang bersamaan. sedangkan arpeggio nadanya dimainkan satu-persatu. Pada awalnya arpeggio terdengar seperti musik klasik. Jadi kalau ingin membuat musik anda sedikit seperti klasik, anda bisa menggunakan arpeggio.

Tapi dengan seringnya memainkan arpeggio dan mencoba-cobanya, kesan kelasik dapat dihindari. Perlu diingat juga bahwa arpeggio dan tangga nada itu berbeda. Tangga nada (biasanya) adalah nada-nada dalam kunci lagu yang bersangkutan. Sedangkan Arpeggio adalah nada-nada dari chord yang dimainkan saat itu. Jadi, sebuah lagu bisa jadi hanya terdiri atas satu tangga nada asal namun menggunakan banyak arpeggio yang berbeda. Ada banyak sekali gitaris yang memainkan arpeggio, bahkan hampir semua gitaris terkenal yang hebat, bahkan bisa jadi semua.

Arpeggio dapat memperindah permainan solo kita, oleh karena itu arpeggio adalah hal yang mendasar yang patut di pelajari seorang musisi. Denagn arpeggio banyak hal yang dapat kita kembangkan dalam bermusik. Arpeggio juga dapat dijadikan alat latihan sehari-hari. Arpeggio yang dimainkan secara cepat disebut sweept picking atau sweeping (bener gak tulisannya tuh??? hahaha). jadi, langkah awal ingin belajar sweeping adalah dengan mempelajari arpeggio.

Latihlah arpeggiomu secara bertahap. jangan langsung ingin cepat. karena akan mengganggu "kebersihan" arpeggiomu. Karena arpeggio adalah nada-nada chord yang dimainkan satu-persatu, oleh karena itu, untuk langkah awal mempelajari arpeggio anda harus mengenatu struktur chord (klik untuk artikelnya). Semoga bermanfaat.



       


 

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Artikel Terkait