31 Mei 2013

Tentang Alternate Picking



Alternate picking adalah teknik memetik senar gitar dengan dua arah, yaitu keatas dan kebawah (upstroke dan downstroke). Perbedaan yang mencolok dibandingkan teknik memetik gitar lainnya adalah, teknik alternate picking memakai pick sebagai alat pemetiknya. Alternate Picking sangat penting bagi para gitaris dalam bermain dengan tempo yang cepat. Alternate picking ini biasa dipakai para gitaris untuk picking cepat dan juga bermanfaat untuk mengurangi cepat lelahnya tangan akibat dari memainkan jumlah not yang banyak dengan kecepatan tinggi.


Alternate picking juga membantumu bermain lebih bersih dan artikulatif. Keuntungan lainnya dari alternate-picking teknik adalah bahwa kamu dapat memainkan sequence apapun tanpa harus merancangnya terlebih dahulu. Kamu bisa lebih bebas berimprovisasi tanpa harus dibatasi pola yang diatur sebelumnya. Kamu bisa membuat dan memainkan ide – ide baru tanpa harus melatih sequence tersebut secara khusus. Saat cara pickingmu sudah tidak dipikirkan lagi, kamu hanya berpikir tentang musik!


Berikut adalah contoh tablatur untuk berlatih Alternate Picking :

e---1-2-3-4-----------------------------------------------------
B-------------1-2-3-4-------------------------------------------
G-----------------------1-2-3-4---------------------------------
D---------------------------------1-2-3-4-----------------------
A-------------------------------------------1-2-3-4-------------
E-----------------------------------------------------1-2-3-4---


Baca: Cara membaca tablatur


Untuk senar satu di fret pertama, arah petikannya ke bawah, pada fret kedua arah petikannya ke atas, fret ketiga, arah petikannya ke bawah, pada fret keempat arah petikannya ke atas, begitu sterusnya pada senar dua, tiga, dst. Itulah yang disebut Teknik Alternate Picking.

Tips:
Berlatihlah dari tempo yang paling lambat dulu. Yang penting bunyi yang dihasilkan jelas.


9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Artikel Terkait