7 Oktober 2015

Mengenal Sistem Awal Melodi Gitar





Pasti kamu pertah bertanya, kenapa ya, orang lain mudah sekali memainkan melodi gitar? Kok ga ada yang fals? kok aku susah banget ya praktekinnya? Saya juga dulu begitu ketika masih sangat awam tentang gitar. Banyak dari kita yang belum tahu tentang sistem melodi gitar.

Banyak dari kita hanya sekedar mengetahui kord/kunci gitarnya saja, yang penting bisa nyanyi bareng sama teman. Sebenarnya cukup mudah memainkan melodi gitar dengan benar dan baik apabila kita memahami sistemnya terlebih dahulu. Bagaimana bisa, orang mahir dalam memainkan melodi gitar tanpa mengetahui sistem melodi gitar itu sendiri. Mungkin ada beberapa orang yang bisa, itu bisa jadi bakat terpendam orang itu.

Sebelumnya kita harus tau, melodi itu apasih? Secara umum melodi itu urutan rangkaian nada yang terdengar beraturan. Melodi sangat berkaitan erat dengan tangga nada. Tangga nada ini adalah serangkaian atau susunan not yang bertingkat-tingkat tingginya dan antara not tersebut ada jarak tertentu. Tangga nada inilah yang membentuk melodi yang jika dimainkan dapat membuat hanyut para pendengarnya.

Oke, mari kita lanjut. Seperti yang kita ketahui notasi melodi pada umumnya ada 7 not yaitu:

                         1    2     3    4     5     6    7 

                        Do  Re  Mi  Fa  Sol  La  Si 

Notasi ini akan kembali lagi ke Notasi 1 atau Do (tingg)i, itu berarti notasi sudah masuk ke oktaf kedua. Jadi setiap oktaf memiliki 7 notasi / nada atau suara. Setiap notasi memiliki jarak antara notasi yang satu dengan yang lainnya. Pada gitar yang memiliki enam senar, jarak satu nada dimainkan dua fret pada gitar sedangkan setengah nada dimainkan satu fret pada gitar.


                  Do   Re   Mi    Fa   Sol   La   Si   Do
                    1     2      3      4      5      6     7     1
                       —    —    —    —    —    —   —
                        1      1     ½     1     1     1    ½ 

Jadi begini, Jarak notasi Do ke Re adalah 1 nada (dua fret pada gitar), begitu juga dengan Re ke Mi, Fa ke Sol, Sol ke La dan La ke Si. Lain halnya jarak Mi ke Fa dan Si ke Do, Jarak antar notasi ini adalah ½ nada (satu fret pada gitar).

Berikut adalah contohnya jika dipraktekkan menggunakan gitar dengan nada dasar C:

                   Do  Re  Mi  Fa  Sol  La  Si   Do
                    C     D    E    F    G    A   B    C'

Demikian mengenai sistem awal mengenai melodi pada gitar. Semoga membantu.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Artikel Terkait