January 6, 2013

Permasalahan yang Sering Tejadi Pada Gitar Listrik/Elektrik

     

         Mungkin bagi pemula yang menggunakan (memainkan) gitar listrik pertama kali, tentunya anda akan timbul pertanyaan-pertanyaan yangbisa membuat anda bingung. Bagi yang sudah profesional mngkin saja tidak membingungkan, tetapi bagi pemula bisa membuat pusing kepala, hehehe.. oleh karena itu, simak hal-hal berikut ini :


  1. Mengapa neck gitar saya bengkok ?
            Hal ini sering terjadi penyebabnya adalah tegangan yang berlebihan dari senar, sehingga neck menjadi bengkok. Tegangan ini berlebihan karena senar yang digunakan berukuran sangat tebal, misalnya diatas 0.12.
           Cara mengatasinya : kendurkan senar-senar dan memutar besi yang terdapat didalam neck gitar (truss rod) searah jarum jam sebanya 1/2 putaran. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati, bila truss rod sulit di putar, ada baiknya serahkan kepada ahlinya.

  2. Mengapa senar gitar saya berkarat ?
          Karat atau korosi pada senar gitar adalah suatu hal yang sangat sering terjadi, bahkan bisa dikatakan pasti akan terjadi. Senar gitar yang beredar di pasaran pada umumnya terbuat dari bahan logam nickel atau steel. Kedua bahan logam ini mempunyai tingkat korosi yang berbeda, namun demikian telapak tangan yang berkeringat akan menyebabkan proses korosi / karat cepat atau lambat akan terjadi.
           Cara mengatasinya : dengan melakukan perawatan senar dengan benar, setiap kali gitar selesai dimainkan. Misalnya dengan mem-polish senar gitar anda dengan cairan “gitar polish” atau “fast fret”, atau produk serupa lainnya yang banyak beredar di pasaran.

  3. Mengapa bunyi gitar saya noise ?
        
      Bunyi noise sesungguhnya ada bermacam-macam, namun yang sering dijumpai adalah noise yang disebabkan oleh wiring / perkabelan yang tidak sempurna.
          Cara mengatasinya : lakukan pengecekan pada bagian perkabelan. Pertama-tama, lihatlah kabel yang tersambung ke ground. Kabel ground ini adalah kabel yang tersambung ke body potensiometer. Periksalah apakah solderannya tersambung dengan baik, ataukah kendur, atau hanya sebagian kecil yang menempel. Hal-hal demikian dapat menyebabkan kabel ground tidak menempel dengan sempurna sehingga akan timbul suara “dengung/noise “. Kemungkinan lainnya adalah lubang bukaan tempat kabel pada belakang body gitar anda tidak tercover dengan sempurna oleh material penghantar. Biasanya material yang dipakai untuk mengcover adalah cat hitam yang terbuat dari karbon, dan alumunium foil pada tutup belakang. Jika memang terjadi demikian coverlah bagian lubang tersebut secara sempurna.

  4. Mengapa Fret gitar saya buzzing ? 
            Bila anda sedang memainkan gitar anda dan tiba-tiba menemui suara “buzzing” ( brtz…brtz…) pada fret tertentu, itulah yang disebut dengan istilah fret buzzing. Hal ini biasanya disebabkan oleh fret fret gitar yang sudah “terkikis habis “ sehingga tidak lagi rata ketinggiannya satu dengan yang lainnya.
           Cara mengatasinya yaitu : dengan re-fretting ( mengganti seluruh fret pada gitar anda ), atau melakukan proses “ leveling” ( meratakan ketinggian fret di seluruh neck gitar dengan sand paper /sejenis amplas. Namun demikian hal ini sebaiknya dilakukan oleh seorang profesional.
     

NB: Pastikan ini semua bila anda memakai sperpart yang asli atau yang terbaik, kalo gak noise menjadi besar adalah wajar. Karena semua tergantung dari bahan dan proses pengulungan pickup.



9
out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Untuk berlangganan update artikel GRATIS, masukkan email anda dan anda akan mendapatkan artikel terbaru lewat email anda. Setelah memasukan email anda, buka email anda dan buka email konfirmasi yang dikirimkan ke email anda :

Delivered by FeedBurner

Share :

6 comments:

Note :

1. Berikan komentar Anda yang sesuai dengan isi artikel

2. Berkomentarlah dengan bijak

3. Mohon untuk tidak melakukan SPAM

4. Tidak boleh meletakkan link di komentar

 

Artikel Terbaru

Followers

Komentar Terakhir