17 November 2012

Tips Membeli/Memilih Senar Gitar Akustik


Pada dasarnya kita hanya memilih senar akustik yang harganya murah atau mahal,yang penting bisa di mainin dan gitarnya bisa bunyi,tapi lama kelamaan ,kok senarnya mau putus nih,atau kok, bunyinya nggak enak lagi.Nah saya Pada dasarnya kita hanya memilih senar akustik yang harganya murah atau mahal,yang penting bisa di mainin dan gitarnya bisa bunyi,tapi lama kelamaan ,kok senarnya mau putus nih,atau kok, bunyinya nggak enak lagi.Nah saya hadir kembali dengan bebera tips,yaitu tips memilih senar gitar akustik dan cara memilih senar gitar akustik yang berkualitas.


Nah inilah beberapa kategori senar-senar khusus gitar akustik yang bagus.

1.   D'Addario
2.   Martin
3.   Elixir
4.   Ernie Ball

Itulah keempat merek senar gitar khusus akustik yang bagus dan ada beberapa tips untuk sobat-sobat musisi untuk memilih senar gitar akustik yang bagus.

  1. Ketegangan - Senar gitar Classic dibuat dalam ketegangan yang berbeda. Mereka adalah: tegangan rendah juga disebut sebagai ketegangan moderat atau ringan, normal atau sedang, keras atau tegangan tinggi.
  2. Bahan Senar - Bahan senar akan berpengaruh besar pada akustik warna suara (timbre) yang kita inginkan. Mari kita bagi warna suara menjadi 3 saja, mellow (warna suara lebih bass, biasanya freq harmonic banyak terkandung di mid freq hingga loq freq), bright (warna suara cempreng, freq harmonic dominan di freq tinggi), dan brilliance (warna suara seimbang, bright dan mellow). Beberapa bahan senar akustik steel yang kita jumpai adalah sebagai berikut: 

    - 80/20 Bronze : Senar ini banyak sekali digunakan oleh gitaris. Warna suara lebih bright. Cocok untuk lagu-lagu yang butuh strum, lagu yang berkesan ceria.

    - Phosphor Bronze : Senar ini favorit untuk mereka yang suka solo. Warna suara brilliance. Cocok untuk lagu-lagu fingerstyle solo yang lebih banyak metik senar dan tapping.
    - Silk Steel : warna suara lebih mellow. cocok untuk lagu-lagu jazz maupun lagu yang butuh kesan mellow.
    - Flat Tops : warna suara mellow, sedikit bright di senar 1 dan 2. Biasanya digunakan untuk lagu yang butuh suara lembut seperti jazz misalnya. Jadi senarnya seperti nilon tapi terbuat dari steel. Fingernoise gakkan terasa kalo pake senar ini.

    Ada juga istilah lain kayak bronze alloy, vintage bronze dll pada merk senar lain, namun warna suara yang dihasilkan karakternya tidak berbeda jauh dengan yang disebutkan lain.


    Coated

    Jika pada kemasan senar tertulis coated, artinya senar tersebut memiliki bahan pelapis yang melapisi permukaan bahan senar utama untuk melindungi senar dari karat. Apakah tidak akan pernah berkarat? Jika lapisannya habis ya akan berkarat juga, namun senar akan lebih lama bertahan dari karat yang berakibat suara original senar akan bertahan lama. Senar dengan coated cocok untuk kita yang ruangannya lembab juga jari yang mudah berkeringat.
  3. Ukuran Senar - Ada berbagai macam ukuran senar gitar yang tersedia di pasaran. Untuk gitar akustik kita sering membuat istilah “senar kecil”, “senar sedang”, dan “senar besar”. Senar dengan ukuran lebih besar biasanya menghasilkan bunyi yang lebih keras (volume suaranya lebih besar) dan lebih bagus sustain (lama bunyi) nya. Tapi di sisi lain senar ukuran besar akan lebih sakit untuk di-bending buat yang belum terbiasa dan buat yang jarinya agak lembut (biasanya cewek).
    Nah, Senar ukuran kecil juga mempunyai kelemahan. Walaupun memang kelebihannya mudah untuk dilakukan bending dan juga tidak membuat jari sakit bagi yang baru belajar gitar. Kelemahan utama senar kecil adalah, untuk yang belum terbiasa melakukan bending, kadang terjadi over tone atau kelebihan nada. Maksudnya, ada kemungkinan waktu “membengkokkan ” senar terlalu berlebih sehingga nada yang dihasilkan tidak sesuai dengan nada yang diinginkan.

    Jadi, saat memilih senar, pilihlah ketegangan, bahan, dan ukuran yang sesuai untuk kebutuhan lagu yang kita mainkan ataupun genre yang sering kita mainkan. Cara termudah untuk membedakan karakter senar yang kita butuhkan adalah dengan mencoba senar-senar tersebut sehingga kita tau senar apa yang kita butuhkan untuk lagu yang akan kita mainkan.


9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Artikel Terkait